Blog kumpulan dongeng sebelum tidur

Jangan Percaya Janji Bulbul

Cerita fabel “Jangan Percaya Janji Bulbul” dialihbahasakan dan diceritakan ulang oleh ceritanakecil.com dari fabel Aesop berjudul “The Labourer and the Nightingale”.

Cerita Anak Kecil – Pada suatu malam di musim panas, seorang petani mendengar suara kicauan dan nyanyian burung bulbul dari rumahnya. Dia mendadak ingin memiliki burung tersebut. Karena itu, dia membuat jebakan untuk mendapatkan bulbul dan meletakkannya di ranting pohon tempat biasa bulbul bertengger.

Malam berikutnya, jebakan yang dipasang petani berhasil meringkus bulbul. Dia senang. “Ah, berhasil kutangkap kau,” kata petani, “Sekarang aku bisa menikmati suaramu terus-menerus.”

“Burung bulbul tak sudi berkicau dan bernyanyi di dalam sangkar!” tegas bulbul.

“Well, kalau begitu aku akan memakanmu,” sahut petani menyeringai, “Kudengar burung bulbul goreng sangat lezat.”

“Tunggu... tunggu... jangan memakanku,” pinta bulbul, “Sebagai gantinya, aku akan memberitahumu tiga hal yang jauh lebih baik daripada memakanku.”

Petani terdiam. Dia berpikir. Sejurus kemudian, dia menyetujui usulan burung bulbul. Dia pun melepas bulbul dari dalam jebakan.

Segera bulbul kabur dan menclok di salah satu ranting pohon. Dia mengatakan, “Tiga hal itu adalah jangan pernah percaya janji sesuatu yang kau tawan, jaga apa yang kau miliki, dan kesedihan tidak lebih dari apa yang hilang selamanya.”

Setelah mengatakan hal itu, bulbul pun pergi jauh. Menghilang dari penglihatan petani.

Cerita fabel “Jangan Percaya Janji Bulbul” dialihbahasakan dan diceritakan ulang oleh ceritanakecil.com dari fabel Aesop berjudul “The Labourer and the Nightingale”.

Gambar dari Youtube.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jangan Percaya Janji Bulbul

0 komentar:

Post a Comment